Minggu, 13 Januari 2013

Naskah Drama Untuk 8 Pemain


KOTA YANG BINASA
KARYA
INA AGUSTIA

ADEGAN I
TERDENGAR SUARA MUSIK YANG MENCENGKRAMKAN. LALU SUARA MUSIK ITU HILANG SEIRING DATANGNYA SEORANG YANG BERWAJAH MENYERAMKAN. LALU MONDAR MANDIR TAK TAHU ARAH. TIBA-TIBA SUARA GEMURUH PETIR MENGGELEGAR. DAN LANGKAHNYA TERHENTI SAMBIL MENATAP ATAS LANGIT-LANGIT. TIBA-TIBA MUNCUL SUARA DARI ATAS LANGIT YANG TAK TAMPAK WAJAHNYA.

TUHAN
Ada apa? Kenapa kau memanggil AKU!!

IBLIS
TUHAN.. aku memohon kepada-MU untuk dikirim ke bumi!!

TUHAN
Untuk apa kamu meminta itu… AKU tidak akan bisa mengabulkan itu

IBLIS
Aku bersumpah TUHAN, akan menjadi Iblis yang baik

TUHAN
Bagaimana bisa? Kau sudah terlalu banyak bersumpah kepada-KU. Dan sudah KU beri kesempatan. Tapi kau malah menyia-yiakan.
IBLIS
TUHAN… ini permintaan aku yang terakhir. Jika aku tidak menjadi Iblis yang baik. KAU boleh memenjarakan aku di api jahanam dengan 7 lapisan dan aku tidak akan bangkit sampai hari kiamat hingga bumi terbelah menjadi 2.

TUHAN
Baik. Permintaan kau akan AKU kabulkan. Tapi jika kau melanggar perjanjian ini. Kau akan tahu akibatnya.

IBLIS
(tersenyum) terima kasih.

SUARA GEMURUH PETIR PUN HILANG SEIRING DENGAN SUARA DARI LANGIT YANG DATANG. SEORANG YANG DENGAN WAJAH MENYERAMKAN ITU HILANG DENGAN DI IKUTI TAWA YANG MENYERAMKAN.

LALU DATANGLAH SEORANG YANG BERSAYAP. DENGAN HATI YANG BIMBANG. TAK LAMA TERDENGAR SUARA GEMURUH DARI ATAS LANGIT, LALU MUNCUL LAH SUARA YANG TAK TAMPAK WAJAHNYA.

MALAIKAT
TUHAN  mengapa KAU memberikan kesempatan ini kepada iblis?

TUHAN
AKU memberikan kesempatan ini kepada iblis untuk yang terakhir kalinya. Karena dia sudah berjanji kepadaKU untuk berbuat baik.


MALAIKAT
Mana ada iblis yang baik? Terlebih iblis seperti dia. Mengapa KAU membiarkannya?

TUHAN
Hanya AKU yang tahu apa yang akan terjadi. Begitu juga akhir dari semua ini. Jadi tugas kau hanya mengawasi iblis itu. Dan kau ingatkan dia dengan perjanjian yang dia buat’

MALAIKAT
Yah kau MAHA MENGETAHUI dan MAHA PENGASIH. Maaf aku telah lancang. Tapi apa isi perjanjian itu?

TUHAN
Nanti saja kau akan tahu, apa isi dari perjanjian itu. Sekarang lakukan tugas kau dan jaga kaum kau un tuk di jalan yang lurus.

MALAIKAT
Baik. Aku akan melakukan tugas yang kau perintahkan.

LALU SUARA GEMURUH ITU PERGI BERSAMAAN SUARA YANG DATANG DARI LANGIT.

ADEGAN II
DI SEBUAH KOTA YANG TENANG. TERDENGAR SUARA 3 ORANG PEMUDA LAGI BERSANTAI. MEREKA TERTAWA SAMBIL MENIKMATI KUDAPAN PANEN YANG SUDAH MASAK.


ORANG PUTIH 1
Ini hari yang paling indah. TUHAN begitu baik pada kita. Sehingga kita bisa menikmati kudapan panen yang begitu lezat.

ORANG PUTIH II
Benar sekali. Sampai mulut aku tidak berhenti untuk menyantapnya. (sambil memakan kudapan panen)

ORANG PUTIH III
Jangan terlalu makan banyak. Nanti perut kau bisa meledak. Ingat pesan nenek moyang kita. Kita tidak boleh rakus dengan panen yang berlimpah. Kita harus membagikan kepada tetangga kita dan tentunya desa sebelah.

ORANG PUTIH I
Kalau itu pasti. Bukankah kita dari kecil sudah diajarkan saling berbagi dengan penuh cinta dan kasih. Sehingga TUHAN memberikan jalan yang baik untuk kita.

ORANG PUTIH III
Yah… hei kau makan saja dari tadi. Apa kau tidak takut kekenyangan. Hahaha

ORANG PUTIH II
Makanan ini sangat lezaat sampai aku tidak bisa berhenti

ORANG PUTIH I & II
HAHAAAHAAAHAAA

TIBA-TIBA MUNCUL SESEORANG MENGHAMPIRI KE TIGA PEMUDA ITU. SEORANG ITU MENGELILING KE TIGA PEMUDA ITU. MATANYA MENATAP KEARAH MEREKA. TIGA PEMUDAH ITU TIDAK MEMPERDULIKAN KEHADIRAN SESEORANG YANG SEJAK TADI MENATAPNYA.

ORANG HITAM I
Hei.. kalian bertiga sedang apa disini

ORANG PUTUH I
(bangkit dari kursi) kami sedang menyatap makanan. Mari silakan bergabung dengan kami.

ORANG HITAM I
Chuuiii… aku tidak pantas bergabung dengan kalian. Sekarang kalian ber tiga cepat angkat kaki dari tempat ini

ORANG PUTIH II
Kamu tidak boleh seenaknya mengusir kami. Kami sejak tadi sudah berada di tempat ini

ORANG HITAM I
Aku bilang angkat kaki. Karena aku dan kaum ku akan berada di tempat ini. Jadi sebelum kaum ku datang, aku tidak mau melihat orang-orang berensek ada disini.

ORANG PUTIH III
Apa kau bilang!! Orang-orang berensek. Kami hanya sekumpulan pemuda yang sedang bersantai disini. Jangan seenaknya kau bicara.


ORANG PUTIH I
Tahan emosimu (sambil menatap orang putih III). Baik kami bertiga akan pergi. Kami mohon maaf telah lancang. Tapi kami bukan orang-orang berensek.

KETIGA PEMUDA ITU PUN PERGI TANPA BERKATA APA-APA LAGI. TIBA-TIBA DATANGLAH SEORANG YANG BERWAJAH MENYERAMKAN. MENGHAMPIRI PEMUDA YANG SEDANG DUDUK SENDIRI. SAMBIL DIIRINGI SUARA GEMURUH. LALU TERDENGARLAH SUARA YANG TAK TAMPAK WAJAHNYA.

IBLIS
Bagus. Bagus sekali. Kau bisa melakukan hal yang lebih. Kalau perlu kau bisa menghancurkan kota ini. Dan jadikan kaum kau menjadi orang hebat diantara orang-orang bodoh. Jangan sampai kaum kau diludahi oleh orang-orang seperti mereka. (sambil tertawa).

ORANG HITAM I
(bangkit dari kursi) Suatu saat kota ini akan jadi milikku. Aku bisa bersenang-senang. Dan kekayaan kota ini akan jadi milikku dan akulah raja terhebat hahaha.

TAK LAMA MUNCULAH KAUMNYA. MEREKA MEMBAWA MINUMAN KERAS. LALU DUDUK DI TEMPAT SINGGAH.

ORANG HITAM I
Kenapa kalian lama sekali. Aku sudah tidak sabar untuk minum-minum.

ORANG HITAM II
Maaf telah menunggu lama. Ini minumannya. Dan hari ini kita akan berpesta. Hahaha



ORANG HITAM III
Aku bosan berada di kota ini. Kenapa setiap manusia saling memberi padahal untuk kebutuhan mereka saja tidak cukup. Sok sekali mereka itu.

ORANG HITAM I
Orang-orang seperti mereka itu. Inginnya pamer kepada kaum kita. Bahwa mereka lebih kuat daripada orang-orang seperti kita.

ORANG HITAM II
Lantas kita harus bagaimana

ORANG HITAM III
Bagaimana kita hancurkan mereka. Tapi bagaimana caranya?

ORANG HITAM I
Caranya.. kita bunuh mereka pada saat mereka lagi lengah dan kita kuras harta benda mereka. Ajak kaum kita untuk bergabung. Dan jadikan kota ini menjadi kekuasaan kaum kita. Malam ini kita susun rencana.. hahahahha

ORANG HITAM II & III
SETUJU…. HAHAHHAHAHA

TIBA-TIBA SUARA GEMURUH KEMBALI MUNCUL. SESOSOK IBLIS DATANG MENGHAMPIRINYA TANPA MENAMPAKAN WAJAHNYA. IBLIS ITU BERBICARA KEPADA TIGA PEMUDA YANG SEDANG DUDUK SAMBIL MEMINUM ARAK.


IBLIS
Hebat. Hebat. Kalian akan menjadikan kaumku yang paling hebat. Membinasakan orang-orang yang tidak tunduk kepadaku. Dan mejadikan kota ini milik kita semuaa. Hahahahaha (sambil mondar-mandir mengelilingi tiga pemuda)

LALU MUNCULLAH SEORANG MALAIKAT YANG BERSAYAP DARI BALIK AWAN DAN TURUN KE BUMI. WAJAHNYA TERSENYUM MELIHAT IBLIS TERTAWA GEMBIRA. PERLAHAN MALAKAT ITU MENDEKATI SANG IBLIS.

MALAIKAT
Hey, iblis. Bukan kah kau sudah janji kepada TUHAN. Untuk menjadi iblis yang baik. Kau malah menyuruh ke tiga pemuda itu berbuat maksiat.

IBLIS
Hey, jangan kau ikut campur. Ini urusan aku bukan urusan kau. Pergi kau!!. Kerjaan kau hanya mengganggu rencanaku saja.

MALAIKAT
Aku disini mengingatkan perjanjian kau kepada TUHAN. Agar kau tahu bahwa apa yang kau lakukan telah melanggar perjanjian.

IBLIS
DIAM!! TUTUP MULUT MU!! Aku adalah iblis yang paling hebat tidak ada yang bisa menandingi aku.

MALAIKAT
TUHAN akan menghukum mu. Kehebatanmu akan dikalahkan oleh TUHAN. Tidak ada yang bisa menandingi kekuatan DIA.
IBLIS
PERSETAAAN!!!! (pergi meninggalkan malaikat)

MALAIKAT
(menatap ke tiga pemuda) wahai manusia sadarlah. Sebelum kalian menjadi bagian setan dan jangan sampai api jahanam melahap kalian. (pergi meninggalkan tempat)

KETIGA PEMUDA ITU MASIH MEYUSUN SEBUAH RENCANA SAMPAI MALAM MENJELANG.

ADEGAN III
DISEBUAH RUANGAN YANG TENANG TERDAPAT TIGA ORANG PEMUDA YANG SEDANG BERDISKUSI.

ORANG PUTIH I
Bagaimana dengan ceramah tadi sore?

ORANG PUTIH II
Ceramah yang membuka akal pikiran manusia. Untuk menjadi lebih baik dan tidak boleh pesisimis.

ORANG PUTIH III
Tentunya di iringi sebuah doa dan rasa syukur pada TUHAN. Oh ya aku mau Tanya tadi siang siapa pemuda yang mengusir kita itu?

ORANG PUTIH I
Mereka dari seberang. Aku sendiri tidak tahu siapa mereka. Sepertinya mereka membawa pesan yang tidak baik.
ORANG PUTIH II
Dan hawa mereka juga panas. Mereka sepertinya ingin macam-macam di kota ini. Aku takut kalau suatu saat kota ini akan jatuh ke tangan mereka.

ORANG PUTIH III
Tidak mungkin!! Kita harus bisa menyelamatkan warga jika mereka berbuat ulah di kota ini.

SUASANA MENJADI HENING. TAK LAMA MUNCUL SEORANG MALAIKAT MENGAMPIRI MEREKA.

MALAIKAT
Berdoa kepada TUHAN saudaraku (suara tak tampak wajah). Semoga TUHAN memberikan jalan kemudahaan untuk kalian dan kota ini.

ORANG PUTIH I
Semoga TUHAN memberikan kemudahaan untuk kita semua kawan (sambil tersenyum). Kemudahaan yang akan menuntun kita ke surga untuk menghadapi orang-orang yang telah menodai kota ini.

TIBA-TIBA TERDENGAR SUARA RIUH DARI LUAR RUNGAN. KETIGA PEMUDA ITU KELUAR UNTUK MELIHAT APA YANG TERJADI. MATA MEREKA MELOTOT MENDAPATI RUMAH-RUMAH TERBAKAR. LALU MUNCULAH TIGA PEMUDA YANG MEMBAWA SENJATA TAJAM PEMUDA ITU MEMPORAK-PORADA SEMUA YANG ADA. MEREKA MEMBUNUH DAN MEMBAKAR MANUSIA. ORANG-ORANG PUN BERTERIAK MEMINTA TOLONG…

ORANG-ORANG
AMPUUUUUUUN……. TUHAN TOLONG KAMI…… JANGAN BUNUH SAYA…….

TIDAK LAMA SUASANA PUN MENJADI HENING SEKETIKA YANG ADA HANYA SUARA KOBARAN API. LALU IBLIS MUNCUL DAN TERTAWA BAHAGIA MELIHAT KAUMNYA TELAH MENANG. MALAIKAT HANYA BISA MERATAPI MAYAT YANG BERSERAKAN.

IBLIS
Musnahkan semuanya. Habiskan mereka dan jngan sampai ada yang tersisa.. hahhaha

MALAIKAT
Apa yang kau perbuat dengan kaum kau? Dosa apa mereka semua. Mereka tidak bersalah. Apa kau lupa dengan perjanjian kau.

IBLIS
DIAM KAU!! Kau selalu saja mengganggu kesanganku. Aku tidak pernah membuat perjanjian. Dan tidak ada yang namanya perjanjian. Sekarang pergi kau dari hadapan ku.. hahhahahha

MALAIKAT
Aku tidak akan pergi sebelum kau menghentikan semua kekacauan ini. Dan bawa kaum mu untuk membereskan kekacauan ini. Sebelum TUHAN murka kepada kalian semua.

IBLIS
Aku tidak mau…. Hahhahaah (pergi meninggalkan tempat)

MALAIKAT
Ya TUHAN beri kan mereka kekuatan untuk bertahan. Aku tidak sanggup melawan kejahatan ini. Hanya mukzijat KAU yang dapat menolong kita semua. (pergi meninggalkan tempat)

**PEMBACAAAN PUISI**
ADEGAN IV
PARA MANUSIA JAHAT SEDANG BERPESTA. MEREKA MENIKMATI SEBUAH KEMENANGAN. UANG BERHAMBURAN, MINUMAN KERAS BERSERAKAN DAN TAWA MEREKA MENGGEMA SEISI KOTA.

ORANG HITAM I
KITAAAAAA MENANG……. KOTA INI AKAN MENJADI MILIK KITA..

ORANG-ORANG HITAM
HOREEEEEEE…..

ORANG HITAM II
Tidak ada yang bisa menandingi kekutan kita. Dan kita adalah raja. Hahhaha

ORANG HITAM III
Selamat untuk kaum kita…

ORANG HITAM I
Mereka hanya orang-orang tolol yang berdoa kepada TUHAN tapi mereka tidak bisa melawan kita. Lihat kita, kita punya uang, punya kekayaan alam yang tidak akan kami bagi kepada orang lain. Ini MILIK KITAAAA…… hahahahahaha

ORANG HITAM II
Dan setiap ada penduduk yang datang kita kasih mereka upeti yang sampi mencekik leher mereka hahhaha dan kalau mereka tidak sanggup membayar upeti, kita bunuh…


ORANG HITAM III
Ide  bagus itu dan aku tidak kepikiran kesana hahahahha

MUNCULLAH IBLIS DI TENGAH-TENGAH PESTA MEREKA.

IBLIS
Kalian semua memang hebat. Dan kalian adalah manusia yang terkuat di jagat raya ini. Hancurkan kota ini dan jadikan kota ini tempat surga dunia. Kaum ku kalian akan ku jadikan orang-orang yang hidup abadi. Hahahahha (pergi meninggalkan pesta)

KEMUDIAN MALAIKAT PUN DATANG MELIHAT MANUSIA JAHAT YANG SEDANG BERPESTA.

MALAIKAT
Mata dan hati kalian telah di butakan oleh iblis jahanam itu. Pikiran kalian sudah tidak sejalan lagi dengan pikiran-pikiran yang baik. Kalian telah terlenan dengan kenikmatan yang sesaat. Suatu saat kalian akan di kutuk ditempat yang lebih pedih. (pergi meninggalkan tempat)

ADEGAN V
235 HARI KOTA INI MENJADI KOTA MATI. ORANG-ORANG TIDAK BERANI MELAWAN KAUM JAHAT. MAYAT BERSERAKAN DI JALAN. MEREKA DILIPUTI RASA TAKUT. SAMPAI AKHIRNYA SEBUAH MUKZIJAT MENGHAMPIRI KOTA ITU.

ORANG PUTIH I
Kita tidak boleh diam. Sampai kapan kita terus seperti ini. Ini 235 hari kita sekarat. Lihat orang-orang mati dan rasa ketakutan. Apakah kita akan diam begitu saja?


ORANG PUTIH II
Aku tidak tahu. Aku tidak sanggup melawan mereka. Mereka terlalu kuat untuk kita lawan.

ORANG PUTIH III
Apa kau tidak lihat mereka punya senjata. Dan kita punya apa? Kita hanya punya tombak bambu kuning itu. Apa kau yakin bahwa kita sanggup melakukan itu semua?

ORANG PUTIH I
Aku yakin kita bisa. Kita lawan mereka meski hanya menggunakan tombak ini. Yang jelas kita mohon kepada TUHAN agar kita di beri kekuatan. Kenapa kalian jadi takut? Bukankah kota ini tempat kita dilahirkan dan di besarkan. Apa kalian rela kota ini diserahkan kepada orang-orang laknat seperti mereka!!

ORANG PUTIH II
Yah kau benar. Aku juga tidak rela kalau begitu mari kita lawan mereka dengan tombak ini. Kita harus bersatu. Bagaimana dengan kau saudaraku?

ORANG PUTIH III
Yah aku ikut denag kalian. Demi kota kita, nenek moyang kita dan anak cucuk kita!!!!!!

LALU MALAIKAT MUNCUL MENYAKSIKAN SEBUAH PERJUANGAN TIGA PEMUDA ITU UNTUK MEMPEREBUTKAN KOTA MEREKA.

MALAIKAT
Semoga TUHAN selalu melindungi kalian. Dan kalian akan menjadi pemenang hingga sampai kalian mencium wangi surga.


ADEGAN VI
DISAAT PARA MANUSIA JAHAT SEDANG TERTIDUR PULAS. MEREKA DIKEJUTKAN OLEH KEDATANGAN KETIGA PEMUDA YANG MEMBAWA TOMBAK. PEMUDA ITU MENGOBRAK SEMUA YANG ADA DI DALAM. HINGGA SAMPAI MENYERET ORANG JAHAT ITU KELUAR.

ORANG HITAM I
Apa-apaan kalian. Berani lancang kepada kami. Apakah kalian tidak takut mati!!

ORANG PUTIH I
Diam kau jangan banyak bacot!! Ayo kita bunuh mereka!!

PERKELAHIAN PUN TIDAK DAPAT MEREKA HINDARI. MEREKA SALING BERKELAHI. MEREKA SAMA-SAMA KUAT HINGGA PERANG DARAH TIDAK BISA DI HENTIKAN. SAMPAI AKHIRNYA MEREKA SEMUA MATI KARENA PERANG YANG MEMBABI-BUTA. KINI MEREKA SEMUA MENJADI MAYAT YANG BERSERAKAN. SAMPAI AKHIRNYA KOTA INI MENJADI KOTA YANG BINASA.

IBLIS
Bangun manusia tolol!! Ayo bangun!! Jangan mati kalian. Aku kalah.. tidak mungkin aku kalah.

MALAIKAT
Kau baru bisa merasakan kekalahan bukan. Setelah apa yang kau perbuat kepada manusia-manusia yang tidak bersalah. Dan sekarang kau harus mempertanggungjawabkan kepada TUHAN. Sesuai perjanjian yang kau buat iblis.



IBLIS
Diam kau bangsat!! Semua ini gara-gara kau. Coba kalau saja kau tidak turun ke bumi. Mungkin kaum ku akan menjadi yang paling kuat. Hahahaha. Kaum ku boleh tumbang tapi suatu saat nanti kaum ku akan bangkit dan membunuh semua yang ada di muka bumi ini.

MALAIKAT
Itu tidak mungkin iblis. Bukankah waktumu sudah habis dan kau tidak akan mungkin kembali lagi ke bumi. Karena perjanjian yang kau buat akan di mulai dari sekarang.

TIBA-TIBA SUARA GEMURUH DISAMBUT DENGAN PETIR DATANG DAN MEMBUAT SANG IBLIS KETAKUTAN.

TUHAN
AKU kemari menagih janji mu. Waktu mu sudah habis. Dan sekarang kau ikut denganKU. Karena AKU akan memenjarakan kamu di api jahanam dengan 7 lapisan dan kau tidak akan bangkit lagi sampai hari kiamat dan bumi terbelah.

IBLIS
Aku mohon ampunkan aku. Aku janji tidakakan melakukan hal jahat hingga merugikan orang lain.

TUHAN
TIDAK!!! AKU TIDAK AKAN MEMBERI KESEMPATAN LAGI!!! JANJIMU HARUS DITEPATI.

IBLIS
ARGHHHHH.. ARGHHHH

MALAIKAT
KAU sudah membawa iblis itu kedalam api neraka. Lantas bagaimana dengan manusia yang ada di bumi ini? Akankah kota ini akan menjadi kota mati untuk selamanya.

TUHAN
Yah kota ini akan menjadi kota mati sampai batas yang tidak bisa ditentukan

MALAIKAT
Tapi sampai kapan?

TUHAN
sampai bumi AKU kembalikan menjadi bulat

SUARA GEMURUH DAN DISAMBUT PETIR HILANG. HINGGA SUASANA MENJADI SUNYI. DAN MALAIKAT HANYA MENATAP MAYAT-MAYAT YANG SEMAKIN LAMA MENGHILANG BERSAMAAN ANGIN YANG MENYELIMUTINYA.

MALAIKAT
Dalam jangka waktu yang sangat lama. Semoga kaumku berada di taman firdaus. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar